Resep Nastar Jagung. Tampil Beda Daripada Yang Lainnya!

Cookies itu emang ngga ada habisnya ya untuk dikreasikan, cookies satu ini selain fancy, gurih, manis dan juga enak di pandang. Bikin cookies ngga harus kalo hanya saat akan hari raya saja kok, untuk cemilan sehari – hari juga nikmat daripada harus membeli cemilan di luar kan.


Nah untuk membuat nastar jagung yang yahuud bisa nih di intip resep milik bunda Fitri Sasmaya berikut, langsung di simak aja yukk


Bahan-bahan :


Bahan selai :




  1. 1 kg nanas tanpa kulit ( 2 buah nanas ukuran besar )

  2. 220 gram gula pasir warna kecoklatan

  3. 4 cm kayu manis

  4. 5 buah cengkih

  5. sejumput garam


Bahan nastar :




  1. 100 gram margarin

  2. 150 gram mentega/butter

  3. 2 butir kuning telur

  4. 50 gram gula pasir

  5. 1 sdt vanilla extract

  6. 300 gram tepung terigu serba guna

  7. 20 gram susu bubuk full cream

  8. 50 gram tepung maizena


Bahan olesan:




  1. 2 buah kuning telur ayam (warna orange)

  2. 2 sdm minyak canolla (bisa pakai minyak sayur yang lain)

  3. 1/2 sdt susu kental manis


Langkah – langkah :


Buat selainya: parut nanas, taruh diwajan masak sampai kering airnya, tambahkan gula, garam, kayu manis dan cengkih, aduk – aduk sampai kering lalu angkat, dinginkan dan bentuk bulat – bulat sebesar 1/2 sdt atau sesuai selera.


Siapkan semua bahan


Mixer gula, vanillla ekstrak, mentega, margarin dan kuning telur, kurang lebih 1 menit >jangan terlalu lama mengocok nanti nastarnya melebar saat dipanggang.


Masukkan tepung terigu, tepung maizena dan susu bubuk, aduk dengan spatula kayu sampai rata.


Jangan sampai over mix ya


Ambil adonan kurang lebih 3 sdm lalu beri warna hijau daun, secukupnya saja (punya saya kebanyakan )


Ambil adonan tanpa warna sebesar 1 sdt lalu beri isian


Bentuk bulat lonjong, bagian atas lebih besar dari bagian bawah


Lalu kerat – kerat dengan punggung pisau (saya pakai punggung pisau buah). Ambil sedikit adonan hijau pilin -pilin bagi 2, pipihkan


Tempel di bagian atas samping nastar, rapikan


Susun di atas loyang, olesi loyang dengan margarin, tipis – tipis saja. Lalu oven dengan suhu 150℃ selama 30 menit, sesuaikan dengan oven masing – masing ya


Keluarkan dari oven, biarkan dingin, baru di oles


Campur bahan olesan


Oles satu persatu


Saya oles 1x saja. Diamkan kurang lebih 5 menit agar permukaan olesan sedikit mengering


Lalu oven kembali dengan suhu 100℃ selama 10-15 menit atau sampai olesan kering dan mengkilap


Angkat dan dinginkan, lalu masukkan di toples


Tekstur dalamnya, empuk, lumer


Note jadi sekitar 55 buah ya. Sekitar 1 1/2 toples 500 gram.


Nb: foto pisau yang saya gunakan yaa, ato bisa juga pakai garpu, lidi ato yg lainnya.


Selamat berkreasi serta share resepnya ke orang sekitar ya. Indahnya berbagi



Tips Sukses Nastar


Pertama kali membuat nastar, aku terheran-heran karena nastarku ngembang gede-gede gendut gituw. Ada juga yang retak-retak.


Kesulitan lainnya adalah bagaimana membuat nastar dengan cepat dan ukuran yang sama. Kalau disuruh nimbang satu-satu, waduh kelamaan cui …


Di bawah ini adalah tips-tips pembuatan nastar yang sudah aku praktekan, sehingga nastarnya sukses. Cuma satu yang aku blum sukses yaitu membuat olesan nastar yang sempurna!


Mari kita cermati satu per satu tips membuat nastar yang sempurna.


Seperti kue kering lainnya yang dilarang mengembang lebay, maka jangan mengocok mentega atau margarin terlalu lama. Pakai mixer kecepatan rendah, asal tercampur dengan gula (selalu gunakan gula halus ya, kalau pakai gula biasa diblender dulu) kurang lebih 4 menitan.


Kalau perlu, masukkan dulu mentega atau margarinnya ke kulkas, setelah dingin baru dikocok. Dengan cara ini bisa menghindari mentega menjadi berminyak karena kelamaan mengocok.


Kocok mentega dengan gula dan telur sampai tercampur rata. Perhatikan jangan sampai menteganya keluar minyak ya, nanti nastarnya jadi gede dan gendut gak karuan, hehehe.


Permukaan nastar yang retak bisa jadi karena isian selainya terlalu banyak, kulitnya terlalu tipis. Jadi perhatikan jangan terlalu banyak mengisi selai nanasnya. Untuk mempermudah, sebelum dipulung, bulatkan dulu selainya. Masukkan kulkas dulu supaya mudah dibentuk. Selai nanas buatanku sendiri biasanya lengket banget, jadi mesti masuk kulkas baru bisa diambil sedikit-sedikit untuk dipulung. Tips dari Mimi: Campurkan 1/2 sachet bubuk agar putih untuk tiap 1 buah nanas ukuran besar, untuk menghindari retaknya kulit nastar akibat selai nenas.


Oven juga tidak boleh terlalu panas. Suhu cukup dipanteng di 150C – 160C (kenali oven masing-masing ya). Ohya, tepung untuk nastar kalau pakai tepung yang dalam plastik (contoh Bogasari), tidak perlu disangrai. Nastar itu kue yang lembab bukan kering, jadi kalau disangrai, takutnya tepungnya terlalu kering, nanti kurang mantap rasa nastarnya.


Gunakan Tepung Terigu Protein Rendah, contoh di pasaran Terigu merek Kunci keluaran Bogasari (waduh ada iklan promo dari Bogasari nih, hehehe)


Supaya ukuran nastar bisa sama tanpa harus menimbang satu-satu, aku biasanya menggiling nastar dengan ketebalan yang sama, lalu dicetak pakai cookie cutter yang berbentuk lingkaran. Atau kalau tidak ada, pakai gelas dengan lebar mulut gelas yang sesuai dengan ukuran nastar yang diinginkan. Setelah dicetak, ambil selainya dan pulung deh. Lebih cepat daripada harus ditimbang satu-satu.


Ohya, mulung nastar kalau pakai tangan, jangan terlalu lama ya. Konon bisa menyebabkan nastarnya menjadi keras. Trus ngaduk-ngaduk kocokan menteganya dengan tepung juga pakai sendok besar aja, jangan pakai tangan (emangnya ada yang pakai tangan?)


Nah itu tips-tips yang udah dipraktekin. Sekarang aku butuh tips untuk membuat olesan nastarku tampil cantik sempurna nih … hiks hiks, masih gagal aja niihh …


Sumber : kedaiberita.info

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel